Perpustakaan

 

Perpustakaan SMKN 15 Bandung mulai dikelola secara professional sesuai ilmu kepustakaan oleh Pustakawan sejak Oktober 2015. Ditahun yang sama perpustakaan mulai dibangun berbasis automasi guna mempermudah temu balik informasi yang dibutuhkan oleh peserta didik. Sebelum membangun system, langkah pertama adalah mengatur ulang tata letak ruang perpustakaan sesuai standar perpustakaan sekolah. Kedua mengalih bentuk kan segala data perpustakaan ke dalam bentuk digital, dengan tujuan meminimalisir penggunaan untuk ruang berkas, memudahkan kembali ketika mencari informasi dan menghindari kehilangan data karena data berbentuk digital memungkinkan data untuk di back up. Ketiga adalah menyesuaikan buku ke dalam call number dan klasifikasi yang sesuai standar menggunakan Dewey Decimal Classification (DDC). Keempat mengalih bentukan label buku yang berada  di punggung buku, dari tulisan konvensional menjadi bentuk ketikan computer, selain memudahkan prosesnya juga menghindari kesalahan dalam membaca kode. Langkah akhir adalah membangun system otomasi menggunakan SLIMS 7 Cendana, dari nol yang di create sesuai kebutuhan perpustakaan.

Senayan Library Management System (SLiMS) adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) dengan sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Nasional. Seiring perkembangan waktu, aplikasi ini kemudian dikembangkan oleh komunitas pengguna dan penggiat SLiMS. Aplikasi SLiMS dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, SLiMS mendapat penghargaan tingkat pertama dalam ajang INAICTA 2009 untuk kategori open source.

Adapun beberapa fitur yang terdapat dalam SLiMS, yang bertujuan untuk memudahkan berbagai kegiatan yang ada di perpustakaan  diantaranya:

Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate on-thefly .

  1. Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku.
  2. Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search).
  3. Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk  kebutuhan web service.
  4. Manajemen data bibliografi yang efsien meminimalisasi redundansi data.
  5. Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain.
  6. Sirkulasi dengan fitur: Transaksi peminjaman, pengembalian, reservasi koleksi, aturan peminjaman yang fleksibel, Informasi keterlambatan dan denda.
  7. Manajemen keanggotaan.
  8. Stock opname / stocktake.
  9. Laporan dan Statistik.
  10. Pengelolaan terbitan berkala (Kardex).
  11. Dukungan pengelolaan dokumen multimedia (.flv,.mp3) dan dokumen digital lainnya. Khusus untuk pdf dalam bentuk streaming.
  12. Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk bahasa yang tidak menggunakan penulisan selain latin.
  13. Menyediakan berbagai bahasa pengantar (Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab, Jerman, Thailand).
  14. Dukungan Modul Union Catalog Service.
  15. Counter Pengunjung perpustakaan.
  16. Member Area untuk melihat koleksi yang sedang dipinjam oleh anggota.
  17. Modul sistem dengan fitur: Konfigurasi sistem global, Manajemen modul, Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup, Pengaturan hari libur, Pembuatan barcode otomatis, Utilitas untuk backup.
  18. Copy cataloguing dengan protocol z39.50 dan p2p service.
  19. Pemberitahuan surat keterlambatan peminjaman melalui e-mail dengan menggunakan mail server.