Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan SMKN 15 Bandung

Kamis, 2 September 2021.

Pekan lalu SMKN 15 Bandung sebagai SMK Pusat Keunggulan menyelenggarakan sosialisasi SMK Pusat Keunggulan kepada warga sekolah, dunia usaha dunia industri dan dunia kerja mitra serta orangtua/wali peserta didik.

SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Sekolah Dra. Rini Ambarwati, M.Ds menjelaskan latar belakang SMK PK dan berterima kasih kepada DIDUKA atas kerjasama yang telah terjalin sampai saat ini. Kepala Sekolah memperkenalkan program SMK PK yang merupakan implementasi Link And Match antara dunia pendidikan dan dunia industri.

Pengawas Pembina SMKN 15 Bandung membuka kegiatan sosialisasi dan mengapresiasi dukungan DIDUKA sampai saat ini melalui kemitraan yang berlangsung secara berkelanjutan.

Drs. Yaya Zakaria Latif, M.Pd. menyampaikan SMK yang ditunjuk menjadi penerima program SMK PK di Bandung khususnya, hanya terdiri dari 6 sekolah dan SMKN 15 Bandung adalah salah satunya.

Keistimewaan dari SMK PK ini terletak dari kurikulumnya yang beda dengan kurikulum lainnya. Istilah yang baru dan diperkenalkan pada kurikulum ini adalah bahwa pembelajaran itu harus bermuara pada pembentukan karakter yaitu penguatan profil pelajar Pancasila dan perkembangan karakter dan budaya kerja. Beliau menambahkan, kurikulum ini tidak dapat dirumuskan oleh sekolah sendiri sehingga harus dirumuskan bersama sama dengan industri

Implementasi Link And Match terdiri dari PKL dan Dual Based System, guru tamu, magang guru, sinkronisasi kurikulum, dan sertifikasi siswa serta rekruitmen dikuatkan melalui MoU.

Softskill perlu diasah dan perlu dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan, saya berharap adanya keterlibatan pihak DIDUKA karena untuk mengasah mutu SDM bukan hanya tanggung jawab guru guru tetapi juga menjadi tanggung jawab pihak DIDUKA. Pentingnya peranan DIDUKA dalam mewujudkan generasi muda yang siap kerja dan berkualitas sebagai tujuan dari pendidikan SMK , sehingga diharapkan dunia kerja dapat turut mendukung program pemerintah untuk dunia pendidikan. Pak Eko juga menghimbau agar SMK mendaftarkan siswa PKL dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan dilaksanakan secara onlien dan offline. Tamu undangan yang hadir terdiri dari 6 DIDUKA secara offline dan 12 DIDUKA lainnya mengikuti secara online menggunakan aplikasi zoom dan kanal Youtube SMKN 15 Bandung.

Turut hadir secara onlien perwakilan DIDUKA Yayasan Biruku Indonesia, Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, PT Kinergi Makmur Sejahtera, Fox Haris Hotel City Center dan Horison dan memberikan dukungannya terhadap pogram SMK PK SMKN 15 Bandung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *