In House Training Total Productive Maintenance di SMKN 15 Bandung

SMKN 15 Bandung menyelenggarakan In House Training mengenai Total Productive Maintenance (TPM) sebagai rangkaian dari kegiatan program bantuan pemerintah, Sekolah Pengembang Pariwisata, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Desember 2019. Menghadirkan narasumber, DR. H. Mokh Adib Sultan, ST, MT yang merupakan dosen fakultas pendidikan ekonomi dan bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, In House Training ini diikuti oleh seluruh pendidik/guru di SMKN 15 Bandung.

Dalam pemaparannya, DR Adib mengatakan, “tujuan dari TPM (Total Productive Maintenance) adalah untuk memaksimalkan kegunaan peralatan kerja secara efektif dan benar serta merancang sistem pemeliharaan barang, sehingga tercapai motto TPM, yaitu zero error, zero work-related accident, and zero loss”. Lebih lanjut dalam pemaparannya, DR Adib menjelaskan mengenai delapan pilar dalam pelaksanaan TPM yang dapat mendukung terwujudnya tujuan TPM di sekolah.

Pada sesi kedua, narasumber yang dihadirkan adalah Bp Sarwanto yang merupakan pemilik CV Eka Abadi yang bergerak dibidang penyedia jasa peralatan kebersihan perhotelan. Dalam pemaparannya, Sarwanto mengungkapkan, bahwa setiap peralatan kebersihan memiliki karakteristik dan cara perawatan yang berbeda yang harus diketahui oleh pengguna peralatannya untuk menjaga peralatan itu sendiri dari kerusakan. Di akhir sesi ditutup dengan praktek penggunaan peralatan/mesin kebersihan yang dimiliki oleh SMKN 15 Bandung oleh guru-guru peserta In House Training.

Ketua koordinator program Sekolah Pengembang Pariwisata SMKN 15 Bandung, Ambar Pangaribowo Sakti, M.Pd, mengungkapkan, “semoga dengan In House Training yang telah dilaksanakan, dapat menambah pengetahuan guru mengenai Total Productive Maintenance (TPM) serta mampu menumbuhkan semangat dalam diri guru di SMKN 15 Bandung untuk dapat melaksanakan Total Productive Maintenance di sekolah”.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *