Gebyar Bakti Sosial, Pekerja Sosial Masyarakat Kecamatan Lengkong

Dalam rangka memperingati HUT Bandung yang ke 209, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) kecamatan Lengkong bekerja sama dengan SMKN 15 Bandung mengadakan kegiatan Pelayanan Kesehatan dan Edukasi Kesehatan untuk lansia di lapangan Banteng pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019. Kegiatan ini melibatkan 20 siswa kelas XI jurusan Keperawatan Sosial di SMKN 15 Bandung. Para siswa yang terlibat dalam kegiatan ini, melakukan pemeriksaan gula darah, tensi (tekanan darah) dan pemeriksaan kolesterol kepada sekitar 100 lansia kurang mampu.

Ketua Jurusan Keperawatan Sosial SMKN 15 Bandung, Dra. Dewi Agustiningsih, mengatakan, “Tujuan siswa dilibatkan dalam kegiatan pelayanan dan edukasi kesehatan untuk lansia selain agar siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di sekolah, juga sebagai media sosialisasi ke masyarakat bahwa jurusan keperawatan sosial dapat memberikan layanan homecare dan daycare untuk lansia”. Ibu Dewi menambahkan, “kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari kepala SMKN 15 Bandung, ibu Yani Heryani, M.MPd, selain para siswa melakukan pelayanan dan edukasi kesehatan bagi para lansia, siswa juga melaksanakan garage sale, dimana seluruh uang hasil garage sale akan didonasikan untuk kegiatan homecare dan daycare lansia di kecamatan lengkong”.

Salah seorang siswa yang mengikuti kegiatan Bakti Sosial, Raisa, mengaku senang bisa ikut berpartisipsi dalam kegiatan bakti sosial. “Saya senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini, selain bisa mempraktekkan ilmu, saya juga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan” ucapnya. Salah satu lansia yang mengikuti pemeriksaan kesehatan mengaku senang bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis, sehingga beliau bisa mengetahui bagaimana keadaan kesehatannya, ia berharap kegiatan seperti ini dapat lebih sering dilakukan.

SMKN 15 Bandung selalu berupaya agar para siswanya dapat terlibat aktif dalam membantu masyakat disekitarnya lewat ilmu yang mereka dapatkan disekolah kemudian mengaplikasikannya di masyarakat dalam membantu masyarakat, tidak hanya oleh jurusan Keperawatan Sosial tapi juga di jurusan lain, seperti Perhotelan, Tata Boga serta Multi Media.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *